Kata Pengantar Laporan PTK

 

PENINGKATAN  HASIL  BELAJAR  KOMPETENSI   DASAR MENJELASKAN    KONSEP   MOTOR   BAKAR   MELALUI PENGGUNAAN  MEDIA   VCD

 (VIDEO  COMPACT  DISC) DI KELAS X TEKNIK OTOMOTIF 1

SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH PROPINSI JAMBI

 

 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam kegiatan

pengembangan profesi guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH :

ARIF HARIANTO, S.Pd

GURU SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH

 

                             

 

 

 

 

 

PEMERINTAHAN KOTA SUNGAI PENUH

DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,  PEMUDA DAN OLAH RAGA

SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH

2009

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

 

    1. Judul Penelitian

Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Konsep Motor Bakar  Melalui Penggunaan Media VCD (Video Compact Disc) Di Kelas X Teknik Otomotif 1 SMK Negeri 2 Sungai Penuh

     2. Data Peneliti

a. Nama Lengkap dan Gelar

b. N I P

c. Jenis Kelamin

d. Pangkat/ Golongan

e. Jabatan

f. Unit Kerja

g. Alamat rumah:

 

    Nomor telepon/HP:

    Email:

 

 

Arif Harianto, S.Pd

19700623 199703 1004

Laki-laki

Pembina / IV a

Guru

SMK Negeri 2 Sungai Penuh

Koto Majidin Hilir RT. 03 Kec. Air Hangat Kab. Kerinci – Jambi

0852 6681 6776

 

 

    3. Jumlah Anggota Peneliti

1 orang

    4. Lama Penelitian

3 (Tiga ) bulan/dari bulan Oktober  sampai dengan bulan Desember 2009

 

5. Biaya yang diperlukan

    a. Sumber dari Dikti Depdiknas     

    b. Sumber lain

Jumlah

 

Swadana

                                                                                           

                                                                                        Sungai Penuh, 6 Januari 2010

           Mengetahui :                                                                         Peneliti

         Kepala Sekolah

 

 

       Drs. Pagaruyung                                                             Arif Harianto, S.Pd

NIP. 19640202 198803 1011                                          NIP. 19700623 199703 1004

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Syukur alhamdulillah kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh salah satu guru SMK Negeri 2 Sungai Penuh  dalam upaya pengembangan metode pengajaran  pada proses pembelajaran  yang diselenggarakan di SMK Negeri 2 Sungai Penuh telah selesai dikerjakan dengan harapan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan semakin berkualitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian yang telah dilaksanakan tersebut dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Konsep Motor Bakar  Melalui Penggunaan Media VCD (Video Compact Disc) Di Kelas X Teknik Otomotif 1 SMK Negeri 2 Sungai Penuh”.

Penelitian tindakan ini menguji dan meneliti apakah penggunaan media VCD dalam menjelaskan materi pembelajaran  dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Dari hasil penelitian yang diungkapkan ternyata metode menggunakan media VCD dalam pembelajaran telah meningkatkan  hasil belajar  siswa dan lebih dari itu telah memberikan aktifitas dan nuansa kelas lebih baik daripada metode yang selama ini digunakan dalam pembelajaran.

Mudah-mudahan hasil penelitian tindakan ini dapat bermanfaat bagi guru, sekolah dan dunia pendidikan  sebagai alternatif metode dalam pelaksanaan pembelajaran demi terwujudnya tujuan pendidikan.  

       

                                                                      Sungai Penuh, 6Januari  2009

                                                                             Kepala SMK Negeri 2 Sungai Penuh

                                                                             Propinsi Jambi

 

 

 

                                                                                             Drs. Pagaruyung                                                                                                          NIP. 19640202 198803 1011                                         

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

           Puji dan  syukur penulis panjatkan  kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan  penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Konsep Motor Bakar  Melalui Penggunaan Media VCD (Video Compact Disc) Di Kelas X Teknik Otomotif 1 SMK Negeri 2 Sungai Penuh”.

            Dalam penyusunan laporan penelitian  ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih  dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan laporan penelitian  ini selesai. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak Drs. Pagaruyung, selaku Kepala SMK Negeri 2 Sungai Penuh
  2. Rekan-rekan Wakil Kepala SMK Negeri 2 Sungai Penuh
  3. Bapak Zainal Mala, S.Pd, selaku Kepala Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.
  4. Rekan-rekan Instruktur di Bengkel Teknik Otomotif yang telah memberikan bantuan dan dukungannya.
  5. Rekan-rekan majelis guru SMK Negeri 2 Sungai Penuh yang telah memberikan dukungannya.
  6. Semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan sehingga laporan penelitian ini dapat diselesaikan.

Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan penelitian tindakan ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

                                                                              

                                                                                                Penulis

 

 

 

 

ABSTRAK

Arif Harianto,S.Pd. (2009) :Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Konsep Motor Bakar  Melalui Penggunaan Media VCD (Video Compact Disc) Di Kelas X Teknik Otomotif 1 SMK Negeri 2 Sungai Penuh”.

 

Kata kunci: kompetensi, motor bakar, media vcd (video compact disc)

 

         Penggunaan media vcd (video compact disc) diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian peserta didik akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan konsep motor bakar di SMK. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah dengan digunakannya media vcd dalam proses pembelajaran  dapat meningkatkan  hasil belajar kompetensi menjelaskan konsep motor bakar? (b) Bagaimanakah  pengaruh penggunaan media vcd  terhadap aktifitas belajar peserta didik?

         Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah digunakan media vcd dalam proses pembelajaran. (b) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media vcd terhadap aktivitas dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.

          Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus . Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Otomotif 1 semester I Tahun Pelajaran 2009/2010, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada kondisi awal 60,88, siklus I 66,88 dan siklus II 73,50 dengan jumlah ketuntasan secara klasikal pada kondisi awal 14 orang atau 35% , siklus I 22 orang atau 55% dan siklus II 32 orang atau sebesar 80% dengan persentase peningkatan sebesar 25%. Skor rata-rata aktivitas peserta didik yang relevan dengan pembelajaran pada siklus I  sebesar 34,17% dan siklus II  63,47% dengan persentase peningkatan 29,30%. Sedangakan skor rata-rata aktivitas peserta didik yang kurang relevan dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 15,97 %, sedangkan pada siklus kedua sebesar 9,44 % dengan pesersentase penurunan 6,53%.

          Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan media vcd (video compact disk)  dan terdapat pengaruh yang positif  terhadap aktifitas peserta didik dalam pembelajaran kompetensi dasar menjelaskan konsep motor bakar di kelas X Teknik Otomotif 1 SMK Negeri 2 Sungai Penuh.

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………………          i       

HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………………………………… ii

KATA PENGANTAR  …………………………………………………………………………        iii       

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………. iv

ABSTRAK ……………………………………………………………………………………………….. v

DAFTAR ISI  …………………………………………………………………………………………… vi

DAFTAR TABEL  ……………………………………………………………………………………. ix

DAFTAR GAMBAR  ………………………………………………………………………………… x

DAFTAR LAMPIRAN  …………………………………………………………………………….. xi

 

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang  Masalah  ………………………………………………….. 1

B.     Identifikasi Masalah …………………………………………………………. 4

C.     Batasan Masalah ……………………………………………………………… 4

D.     Rumusan Masalah ……………………………………………………………. 4

E.      Tujuan Penelitian ………………………………………………………. ……. 4

F.      Manfaat Penelitian  ……………………………………………………. ……. 5

 

BAB      II       KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A.     Kajian Teori …………………………………………………………….. ……. 6

1. Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep

     Motor Bakar ……………………………………………………………….. 6

    a. Hakikat Belajar ………………………………………………………… 6

    b. Hakikat Hasil Belajar ………………………………………………… 8

    c. Hakikat Kompetensi ………………………………………………… 10

    d. Konsep Motor Bakar ……………………………………………….. 11

       2. Pembelajaran Dengan Menggunakan Media VCD

     (video compact disc) …………………………………………….. ….. 14

     a. Hakikat Pembelajaran …………………………………………….. 14

     b. Hakikat Media Pembelajaran …………………………………… 15

    c. Media VCD (Video Compact Disc) ……………………………. 20

B.     Kerangka Berpikir ………………………………………………………….. 21

C.     Hipotesis Tindakan ………………………………………………………… 22 

 

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.     Setting Penelitian ……………………………………………………………. 23

a. Tempat Penelitian ……………………………………………………….. 23

b. Lokasi Penelitian ………………………………………………………… 23

c. Waktu Penelitian ………………………………………………………… 23

B.     Subjek Penelitian …………………………………………………………… 24

C.     Sumber Data …………………………………………………………………. 24

D.     Teknik Dan Pengumpulan Data ……………………………………….. 24

a. Teknik Pengumpulan Data …………………………………………… 24

b. Alat Pengumpulan Data ………………………………………………. 24

E.      Validasi Data ………………………………………………………………… 25

F.      Analisis Data …………………………………………………………………. 26

G.     Indikator Kinerja ……………………………………………………………. 26

H.     Prosedur Penelitian ………………………………………………………… 27

1. Perencanaan Tindakan ………………………………………………… 28

2. Perencanaan Tindakan Setiap Siklus ……………………………… 28

3. Distribusi Pembagian Waktu Pembelajaran …………………….. 30

4. Jadwal Penelitian ……………………………………………………….. 30

5. Pelaksanaan Tindakan ………………………………………………… 31

6. Pengamatan / Observasi ………………………………………………. 33

7. Refleksi ……………………………………………………………………. 33

8. Perencanaan Tindak Lanjut ………………………………………….. 34

BAB      IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.     Deskripsi Kondisi Awal ………………………………………………….. 35

B.  Deskripsi Siklus I …………………………………………………………… 37

1. Perencanaan Tindakan ………………………………………………… 37

2. Tindakan …………………………………………………………………… 38

3. Pengamatan ……………………………………………………………….. 39

4. Refleksi ……………………………………………………………………. 44

C. Deskripsi Siklus II …………………………………………………………… 45

1. Perencanaan Tindakan ………………………………………………… 45

2. Tindakan …………………………………………………………………… 46

3. Pengamatan ……………………………………………………………….. 47

4. Refleksi ……………………………………………………………………. 52

D.     Pembahasan ………………………………………………………………….. 53

E.      Hasil Penelitian ……………………………………………………………… 58

 

BAB ….. V      PENUTUP

A.     Kesimpulan …………………………………………………………………… 60

B.     Saran ……………………………………………………………………………. 61

 

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………….. 62

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                                 Halaman

1. Indikator Kinerja/Aktifitas Peserta Didik dalam Pembelajaran …………………       26       

2. Perencanaan Tindakan pada Siklus I dan Siklus II ……………………………………… 28

3. Distribusi Pembagian Waktu Pembelajaran pada Siklus I  ……………………….       30       

4. Distribusi Pembagian Waktu Pembelajaran pada Siklus II…………………………….. 30

5. Jadwal Penelitian Tindakan Kelas ……………………………………………………………. 30

6. Distribusi Nilai Hasil Ujian Mid Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/

    2010 Kelas X TO 1…………………………………………………………………………… ….. 35

7. Distribusi Nilai Hasil Ulangan Harian 1 (Siklus I) ………………………………………. 40

8. Persentase Aktifitas Peserta Didik yang Relevan dengan Pembelajaran

    pada Siklus I ………………………………………………………………………………………… 41

9. Persentase Aktifitas  yang Kurang Relevan dengan Pembelajaran pada

    Siklus I ………………………………………………………………………………………………… 42

10. Distribusi Nilai Hasil Ulangan Harian 2 (Siklus II) ……………………………………. 48

11. Persentase Aktifitas Peserta Didik yang Relevan dengan Pembelajaran

      pada Siklus II ……………………………………………………………………………………… 49

12. Persentase Aktifitas  yang Kurang Relevan dengan Pembelajaran pada

      Siklus II …………………………………………………………………………………………….. 50

13. Data Perbandingan Nilai Rata-Rata Tes Peserta Didik ……………………………….. 53

14. Peningkatan Persentase Aktifitas Peserta Didik yang Relevan dengan

       Pembelajaran pada Siklus I dan Siklus II  ………………………………………………. 55

15. Data Persentase Aktifitas  yang Kurang Relevan dengan Pembelajaran

      pada siklus I dan Siklus II  ……………………………………………………………………. 57

 

DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                              Halaman

1. Kerangka Berpikir  ……………………………………………………………………………       22       

2. Data Aktifitas Peserta Didik yang Relevan dengan Pembelajaran pada

    Siklus I ………………………………………………………………………………………………… 43

3. Data Aktifitas Persentase Aktifitas  yang Kurang Relevan dengan

    Pembelajaran pada Siklus I …………………………………………………………………….. 43

4. Data Aktifitas Peserta Didik yang Relevan dengan Pembelajaran pada

    Siklus II ………………………………………………………………………………………………. 51

5. Data Aktifitas  Peserta Didik yang Kurang Relevan dengan

    Pembelajaran pada Siklus II ……………………………………………………………………. 51

6. Peningkatan Persentase Aktifitas Peserta Didik yang Relevan dengan

    Pembelajaran pada Siklus I …………………………………………………………………….. 56

7. Persentase Penurunan Aktifitas  yang Kurang Relevan dengan

    Pembelajaran pada Siklus I …………………………………………………………………….. 58

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s