Kata Pengantar Proposal PTK

PROPOSAL

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

TUT

 

PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENCEGAH TERJADINYA DISTORSI PADA PRAKTIK PENGELASAN BUSUR DENGAN METODE EKSPERIMEN  KELAS X SEMESTER II TEKNIK PENGELASAN

SMK NEGERI I BUKITTINGGI

 

 

Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Kelulusan Kegiatan Diklat

Penelitian Tindakan Kelas di PPPPTK Malang

 

 

 

OLEH

NUREDI, S.Pd .

NIP. 19630609 I98811 1 001

 

 

PEMERINTAHAN KOTA BUKITTINGGI

DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,  PEMUDA DAN OLAH RAGA

 KOTA BUKITTINGGI

SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

2009

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

            Dengan mengucapkan  syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan judul “ Peningkatan keterampilan siswa dalam mengatasi distorsi pada pengelasan busur melalui metode eksperimen di Kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Bukittinggi”.

Proposal penelitian tindakan kelas ini kami susun untuk memenuhi salah satu tugas diklat penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di PPPPTK Malang.

            Dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih  dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

 

                                                                              

                                                                                                Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

Nuredi : “ Peningkatan prestasi belajar siswa dalam kompetensi  mengatasi distorsi pada pengelasan busur melalui metode eksperimen di Kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Bukittinggi”.

 

Kata kunci: mengatasi distorsi, pengelasan busur,  metode eksperimen

 

Penggunaan metode eksperimen diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi mengatasi distorsi pada pengelasan busur di SMK.

 Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah dengan diterapkannya metode eksperimen dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa pada kompetensi  mengatasi distorsi pada pengelasan busur? (b) Bagaimanakah  pengaruh metode ekperimen terhadap motivasi belajar siswa?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I semester II, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar praktik.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (86,95%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode eksperimen dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas I semester II teknik pengelasan SMK Negeri 1 Bukittinggi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran teknik pengelasan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….          i       

Halaman Pengesahan ………………………………………………………………………………….. ii

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………….. iv

Abstrak …………………………………………………………………………………………………….. v

Daftar Isi ………………………………………………………………………………………………….. vi

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang  Masalah

B.     Rumusan Masalah

C.     Tujuan Penelitian

D.     Manfaat Penelitian 

E.      Batasan Masalah

BAB      II       KAJIAN PUSTAKA

A.     Definisi Pembelajaran 

B.     Hakekat LAS

C.     Proses Belajar Mengajar LASPrestasi Belajar LAS

D.     Metode Eksperimen

E.      Motivasi Belajar 

F.      Gaya Belajar

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian

B.     Rancangan Penelitian 

C.     Instrumen Penelitian 

D.     Metode Pengumpulan Data

E.      Teknik Analisis Data  

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB     V       KESIMPULAN DAN SARAN

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s